AYO WARGA NEGARA INDONESIA,SUKSESKAN SENSUS PENDUDUK 2020

Sensus Penduduk 2020 Secara Online Gunakan Data Registrasi

SENSUS Penduduk akan kembali dilaksanakan tahun ini. Dan spesialnya, pada 2020 ini sensus penduduk dilakukan menggunakan data registrasi sebagai dasar menuju penggunaan sensus penduduk online. Rencananya pada 15 Februari 2020 mendatang, sensus penduduk online ini akan dibukauntuk masyarakat dapat mengakses data diri dalam pendataan. Sensus penduduk ini merupakan pengumpulan data Sensus penduduk menggunakan tiga moda yakni CAWI (Computer Aided Web Interviewing), CAPI (Computer-assisted Personal Interviewing), dan PAPI (Pencil and Paper Interviewing). Adapun data yang harus dipersiapkan oleh masyarakat untuk sensus penduduk online tersebut adalah Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Identitas Kependudukan (NIK).

Walikota Palangka Raya dalam surat edarannya maupun pamflet pengumuman telah menginstruksikan kepada jajaran perangkat daerah di lingkungan pemko serta masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam setiap tahapan sensus penduduk online melalui website sensus.bps.go.id. dengan mengisi NIK dan KK serta jawaban yang benar. "Seluruh masyarakat Kota Palangka Raya diminta berpartisipasi untuk turut andil dalam mengisi sensus penduduk ini yang akan dimulai pada 15 FEBRUARI 2020.

Kepala BPS Provinsi Kalimantan Tengah mengatakan, sensus penduduk online ini merupakan sensus penduduk pertama kali dalam sejarah Indonesia dengan menggunakan metode kombinasi. Metode kombinasi yang dimaksud adalah menggunakan data dasar dari dukcapil, sehingga informasi-informasi itu satu data, satu pintu, dan satu identitas.

Ini sudah bagus keinginan kita menggunakan satu data kependudukan Indonesia, sehingga tujuan yang kita laksanakan dalam sejarah Indonesia baru pertama kali adalah mendapatkan jumlah penduduk pasti, distribusinya, komposisinya. Jadi kalau kita tahu distribusi di masing-masing wilayah bisa untuk perencanaan apakah wilayah tersebut padat, apakah kurang. Ini berkaitan dengan perencanaan pemerintah kedepannya.

Untuk tata cara pelaksanaannya, dijelaskan dengan dimulai membuka laman sensus.bps.go.id, lalu ikuti tata cara yang sudah tertera dalam laman tersebut secara online. Bagi penduduk yang belum melakukan sensus penduduk secara online hingga Maret mendatang,  bisa mengikuti sensus penduduk melalui wawancara pada 1 hingga 31 Juli 2020.

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian



semua agenda

Agenda

27 Juni 2022
Pelatihan
semua download

Download

Jajak Pendapat

Apakah Pelayan Kepagawaian Kota Palangka Raya Memuaskan?
Kurang Memuaskan
Cukup Memuaskan
Memuaskan

Lihat