SOSIALISASI SI MAYA / E - SURAT UNTUK SELURUH PERANGKAT DAERAH

Pada Senin usai pelaksanaan apel gabungan di halaman balaikota, diadakan acara sosialisasi sekaligus bimbingan teknis aplikasi SI mAYA berbasis Web atau Awan yang dipimpin langsung oleh Walikota Palangka Raya Fairid Naparin, Wakil Walikota Palangka Raya, Hj. Umi Mastikah, beserta Sekretaris Daerah juga Asisten Administrasi Umum yang berlangsung di Aula Peteng Karuhei (PK) II kantor Walikota Palangka Raya, pada pukul 08. 00 WIB.

Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya, kembali mensosialisasikan program aplikasi berbasis digital. Kali ini inovasi berupa aplikasi perkantoran maya berbasis awan atau web yang diberi nama Simaya V.5.

Sosialisasi penggunaan aplikasi ini dilaksanakan melalui cara pengenalan sekaligus bimbingan teknis pengoperasian. Sementara itu Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Palangka Raya ditunjuk sebagai operator yang memberikan materi kepada seluruh peserta yang hadir.

Walikota dalam sambutannya menyampaikan bahwa aplikasi SiMaya versi 5 yang dikeluarkan oleh Kementerian Kominfo telah sesuai dengan Permenpan No.6 Tahun 2011 tentang Pedoman Tata Naskah Dinas Elektronik di Lingkungan Instansi Pemerintah.

“Jadi aplikasi ini sejalan dengan aturan Menpan Nomor 6 tahun 2001 tentang tata naskah elektronik pada lingkungan perkantoran pemerintahan,”ungkapnya,usai melakukan peluncuran aplikasi tersebut.

Selain itu Walikota juga menyampaikan tujuan dikembangkannya sistem aplikasi tersebut tidak lain untuk menunjang kinerja perkantoran menuju ke arah digitalisasi atau pengembangan e- government mewujudkan good governance.

“Ini akan kami terapkan kesemua Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya karena selama ini sistem birokrasi lebih ke arah konvesional. Semuanya akan diubah kearah kinerja berbasis digital.

Walikota melanjutkan pemaparannya dalam sambutan bahwa  melalui aplikasi ini maka konektivitas antara seluruh Perangkat Daerah di pemerintah daerah secara perlahan akan terkoneksi. Terutama mempermudah kinerja dalam berbagai proses perkantoran serta penghematan pemakaian kertas/paperless.

Sebut saja yang berkaitan dengan administrasi atau dokumen (arsip) maupun surat menyurat akan mendapatkan kemudahan dalam hal pengaturan melalui aplikasi digital tersebut.

“Hebatnya, aplikasi ini akan mempermudah setiap unsur pimpinan. Sebut saja wali kota saat berada pada posisi jauh, maka bisa dengan mudah akan melakukan disposisi dari jarak jauh.

Selebihnya Walikota menambahkan pula melalui aplikasi ini,  maka diharapkan semua instansi dalam pemerintah daerah mampu menjalankan dan menerapkan. Dengan begitu upaya menuju pemerintahan yang lebih baik dapat terwujud.

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian



semua agenda

Agenda

27 Juni 2022
Pelatihan
semua download

Download

Jajak Pendapat

Apakah Pelayan Kepagawaian Kota Palangka Raya Memuaskan?
Kurang Memuaskan
Cukup Memuaskan
Memuaskan

Lihat