SOSIALISASI PEMANFAATAN SERTIFIKAT ELEKTRONIK TAHUN 2020

Pada tanggal 23 Juli Tahun 2020 dilaksanakan Sosialisasi secara daring kepada 35 (tiga puluh lima)  Perangkat Daerah serta seluruh Kecamatan di lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya mengenai Pemanfaatan Sertifikat Elektronik (Digital Signature) oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dengan Narasumber Bapak Sandhi Prasetiawan. Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Asisten II, Bapak Amandus Frenaldy dan sebagai moderator yaitu Kadis Kominfo, Bpk. Gunawan Abel. Tujuan dari diselenggarakannya kegiatan ini yaitu memberikan pemahaman melalui penggunaan sertifikat elektronik dalam mendukung program SPBE yang bersifat efektif, efisien dan berkesinambungan.

Digital Signature atau tanda tangan digital masuk dalam urusan persandian dan keamanan informasi dalam salah satu Bidang di Diskominfo Kota Palangka Raya sebagai leading sektornya, dimana syarat sah tanda tangan elektronik yang merupakan otentifikasi atas ID Digital yang dapat mencegah pemalsuan.

Keuntungan penggunaan digital signature yaitu :

- dapat digunakan melalui HP atau laptop dimanapun dan kapanpun

- mencegah pemalsuan data

- jaminan keaslian tanda tangan karena bersertifikasi dari Balai Sertifikat Elektronik

Landasan hukum UU ITE Pasal 11 dan UU ITE Pasal 12 serta Surat Edaran dan SOP juga Peraturan Walikota sebagai aturan turunannya.

Tanda tangan digital bukan barcode dan berkas tidak perlu dicetak untuk penerapan paperless dan pengurangan pengarsipan manual.

Di akhir acara Diskominfo Kota Palangka Raya menyatakan akan membuat Surat Edaran terkait keseragaman bentuk tanda tangan digital dari seluruh perangkat daerah.

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian



semua agenda

Agenda

semua download

Download

Jajak Pendapat

Apakah Pelayan Kepagawaian Kota Palangka Raya Memuaskan?
Kurang Memuaskan
Cukup Memuaskan
Memuaskan

Lihat